Di Masa Depan, Mobil Tak Lagi Membutuhkan "Wiper"

Alat penyapu air hujan atau wiper yang kita kenal selama ini di mobil bakal segera digantikan teknologi canggih yang diadopsi dari pesawat tempur.

Wiper

Menurut pembuat mobil supercar McLaren, sistem yang memungkinkan mobil tak memiliki wiper untuk membersihkan kaca dari air hujan tersebut bakal diaplikasikan pada 2015 mendatang. Menariknya kendati diadopsi dari pesawat tempur, teknologi tersebut tak membutuhkan biaya besar - hanya sekitar £ 10 atau Rp 193.000 saja.
Teknologi tersebut memancarkan gelombang suara ultrasonic di sekitar kaca mobil agar air hujan tak menganggu pandangan. Jika rencana tersebut terealisir, maka wiper kaca mobil yang sudah berada selama 100 tahun lebih bakal punah dalam waktu dua tahun lagi.
Menurut Prof Paul Wilcox dari Universitas Bristol, Inggris, vibrasi yang ditimbulkan alat tersebut takkan terlihat karena berada di level nano atau amat kecil.
Teknologi tersebut tak hanya murah dan simpel tapi ternyata juga bisa menambah efisiensi bahan bakar karena mobil tak lagi menanggung berat motor wiper.
"Butuh usaha keras untuk mengeluarkan teknologi ini dari sumber di kemiliteran. Saya menanyakan mengapa Anda tak melihat wiper di beberapa pesawat saat mereka mendarat di kecepatan yang amat rendah," ungkap Kepala Desain McLaren Frank Stephenson.
"Saya kemudian diberitahu bahwa hal tersebut dimungkinkan bukan karena lapisan pada kaca tapi sistem berfrekuensi tinggi yang tak pernah gagal dan selalu aktif. Tak ada yang perlu dipasang di kaca (mobil)

TNI Pesan 965 Truk Isuzu

TNI Pesan 965 Truk Isuzu
TNI Pesan 965 Truk Isuzu
Kementerian Pertahanan memesan 965 unit truk Isuzu untuk kebutuhan TNI dengan total nilai pembelian US$ 110 juta. Pengadaan truk untuk kendaraan taktis militer ini akan rampung sebelum Oktober 2014. Demikian dikemukakan Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin saat meninjau pabrik Isuzu di Fujisawa, Prefektur Kanagawa, sebelah barat Tokyo.

Pemesanan truk angkut TNI ini terbagi atas dua bagian, yakni 665 unit berkapasitas 2,5 ton dengan sistem penggerak roda 4x4 dan 300 unit berkapasitas 5 ton dengan sistem penggerak roda 6x4. Dana pengadaan 965 kendaraan taktis TNI ini sepenuhnya disediakan Bank of Tokyo Mitsubishi UFJ sebagai lender melalui mekanisme pinjaman luar negeri. Pagu kredit untuk pembelian 665 unit kendaraan 2,5 ton 4x4 senilai US$ 50 juta. Sedang pagu kredit untuk pengadaan 300 truk sebesar US$ 60 juta.

Truk berkapasitas 2,5 ton yang berjumlah 665 unit seutuhnya diproduksi di Fujisawa, Jepang, karena permintaan pasar untuk truk dengan spesifikasi sebesar itu sangat minim. Konsumen Indonesia umumnya meminati truk dengan penggerak roda 2x4. Harga on the road truk berkapasitas 2,5 ton yang diproduksi di Jepang sebesar US$ 74.500 per unit. Porsi biaya terbesar adalah cabin chasis yang mencapai US$ 54.300 per unit. Selebihnya adalah biaya winch US$ 4.900 dan karoseri US$ 15.300. Total biaya pengadaan 665 unit truk ini, d luar penambahan suku cadang dan biaya distribusi sebesar US4 49,5 juta. Sedang harga on the road truk berkapasitas 5 ton 6x4 yang dibuat PT Isuzu Astra Motor Indonesia US$ 95.600 per unit.

Porsi biaya terbesar adalah cabin chasis US$ 71.700, selebihnya, winch US$ 4.900 dan karoseri US$ 19.000 per unit. Di luar biaya tambahan suku cadang dan distribusi, total harga 300 unit truk ini sebesar US$ 28,6 juta. Meski 665 unit truk Isuzu diproduksi di Jepang, perakitan dan pembuatan karoseri dilakukan di Indonesia, menggunakan pabrik PT Isuzu Astra Motor Indonesia. "Begitu dipesan, kami langsung produksi," kata Yohannes Nangoi, wakil presdir Isuzu Astra Motor Indonesia. Pelayanan Purnajual Ada tiga isu mengiringi pemesan truk Isuzu, yakni pertama harga yang dinilai lebih mahal, kenapa harus Isuzu, dan diproduksi di Jepang. Kedua, teknologi, dan ketiga, masalah purnajual. Yohanes menjelaskan, pabrik mobil di Indonesia belum memproduksi truk dengan penggerak roda 4x4. Pabrik yang ada hanya memproduksi truk yang paling banyak dipesan, yakni kendaraan dengan penggerak roda 4x2.

 Jika harus memproduksi truk 4x4, pabrik yang ada akan rugi karena produksi tidak memenuhi skala ekonomi. TNI meminta truk dengan penggerak roda 4x4 agar lebih tahan medan berat. "Untuk isu pertama, daripada harus menggunakan kapasitas pabrik untuk memproduksi 4x2 dengan tambahan modifikasi menggunakan komponen dari Tiongkok atau negara lain, lebih baik memesan langsung dari Isuzu Motors Jepang yang sudah terbiasa memproduksi kendaraan dengan berbagai penggerak roda. Tak perlu modifikasi dan suku cadang tersedia, dan mutu sesuai standar internasional. Konsekuensinya, harga lebih mahal. Tapi, dengan kualitas ini, TNI punya kendaraan standar internasional. Jika diminta PBB untuk menjadi pasukan penjaga perdamaian,

TNI tidak ada masalah dengan standar," ungkap Yohanes. Kedua, Isuzu sudah menggunakan teknologi Euro-3. "Kami memakai common real engine yang disesuaikan dengan bahan bakar yang masih standar Euro-2 di Indonesia," kata Yohanes. Ketiga, after sales service atau pelayanan purnajual. Ketersediaan sparepart Isuzu 24 jam. Untuk bisa memberikan pelayanan optimal sesuai janji, Isuzu memberikan pendidikan para mekanik. Setiap 15 unit dididik satu mekanik yang mempunyai kemampuan overhaul kendaraan. "Jadi akan ada 50-60 mekanik yang dididik untuk melayani truk Isuzu pesanan TNI yang mencapai 965 unit itu," ungkap Yohanes.

 Isuzu Astra sudah mulai berproduksi tahun 2011 dengan kapasitas produksi 5.000 unit setahun dan penjualan 4.000 unit. Pada Januari 2015, pabrik Isuzu yang saat ini di Pondok Ungu, Bekasi, akan dipindahkan ke Karawang dan kapasitas produksi meningkat menjadi 18.000 unit per tahun. Isuzu pusat sudah menunjuk Indonesia sebagai basis produksi Isuzu untuk ASEAN. Didirikan tahun 1916, Isuzu adalah pabrik otomotif pertama dan produsen truk terbesar di Jepang. Saat ini Isuzu dipasarkan di lebih dari 100 negara. Kapasitas produksi truk militer Isuzu Motors Jepang mencapai 700 unit per tahun.

Kendaraan Irit BBM adalah ISUZU ?

Perusahaan konsultasi mobil, Motorpace Inc menyurvei 3.000 konsumen tentang pertimbangan efisiensi bahan bakar, kinerja, kebiasaan mengemudi dan atribut lainnya sebelum membeli mobil.

Hasilnya, 68 persen menyatakan lebih mengutamakan efisiensi bahan bakar daripada kinerja mobil. 62 persen menyatakan akan membeli beberapa merek mobil untuk mendapatkan model dengan bahan bakar paling hemat itu Isuzu.

Namun hanya 48 persen yang mempertimbangkan kendaraan ramah lingkungan. Isuzu adalah pilihan paling tepat

Penelitian ini dilakukan terhadap responden yang berencana membeli atau menyewa mobil dalam tiga tahun ke depan.

Sementara itu, hanya 31 persen responden yang menyatakan pentingnya teknologi baru yang inovatif sebagai pertimbangan membeli sebuah powertrain.

"Powertrain merupakan isu penting saat ini karena keputusan konsumen sebagian besar didasarkan pada kinerja powertrain," kata Bryan Krulikowski, Wakil Presiden Morpace.

70 persen responden menyatakan keandalan hal paling penting untuk membeli kendaraan, sementara 69 persen menyatakan pentingnya hemat bahan bakar dan 67 persen menyebut biaya operasional.

"Yang jelas tahun ini dampak signifikan yang paling dipertimbakan konsumen adalah mobil hemat bahan bakar,

Mekanik Isuzu Indonesia Sabet Juara Dunia

Isuzu Indonesia mengumumkan keberhasilan meraih juara pertama untuk kategori B pada ajang 'the 8th World I-1 Grand Prix' yang bertempat di Isuzu Japan, Kawasaki Training Center.

Isuzu Indonesia berhasil mengalahkan Saudi Arabia pada peringkat kedua dan Filipina pada tempat ketiga. Dengan kemenangan ini untuk pertama kali Indonesia menjadi juara pertama.


Selama tujuh tahun penyelenggaraan kompetisi ini Indonesia biasanya selalu naik ke atas podium dalam tiga besar I-1 Grand Prix yang merupakan ajang kompetisi bagi para mekanik Isuzu dari berbagai negara.

Tahun ini penyelenggaraan I-1 Grand Prix mengalami sedikit perubahan melalui dua pembagian kategori yaitu kategori A untuk negara maju sedangkan kategori B untuk negara berkembang. Indonesia sendiri masuk dalam kategori B bersama 18 negara lainnya.

Dalam kompetisi ini, sistem pengujian terdiri dari tes teori, tes mesin dan tes kendaraan. Dimana mesin yang digunakan adalah mesin 4JJ1-TC dan kendaraan yang digunakan adalah Isuzu NLR85-US04.

Tim Indonesia diwakili oleh Yayan dan Joko Priyono yang dipimpin oleh team coach Reiner Tandiono dari Training Center Isuzu Indonesia.

Mereka dipilih melalui ajang kompetisi tingkat nasional, kemudian selama 1,5 bulan mereka training intensif baik secara teori dan praktek di Training Center Isuzu Indonesia di Pondok Ungu, Bekasi.

Prestasi yang ditorehkan tim Isuzu Indonesia merupakan bukti kemampuan mekanik Isuzu Indonesia diakui dunia.

"Peran mekanik pada segment komersial sangat penting. Setiap kendaraan yang rusak atau membutuhkan perawatan perlu dilakukan dalam waktu yang singkat, karena hal ini berkaitan erat dengan bisnis yang dijalankan customer kami," ujar Yohannes Nangoi, Vice President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia

Tips Ganti Aki Mobil Yang Aman

Mengganti aki seringkali dianggap remeh oleh sebagian pemilik mobil. Prosesnya memang terlihat sederhana, hanya melepaskan pada kedua kepala aki (kutub) dengan cara mengendurkan baut.

Proses tersebut merupakan cara konvesional yang mulai ditinggalkan lantaran rentan kehilangan daya listrik pada mobil. Perlu diketahui bahwa mobil-mobil modern sekarang telah dilengkapi beragam perangkat elektronik yang kinerjanya terkoneksi dengan Electronic Control Unit (ECU).

Sedangkan aki merupakan penampung cadangan listrik untuk menjalankan sistem-sistem yang ada di mobil. “Mobil keluaran di atas 2007 dan mobil Eropa di atas tahun 2000 butuh perlakuan khusus saat pergantian aki, agar listrik tetap terjaga dan stabil,” ungkap Refi C. Tolani, pemilik Refi Auto Special Peugeot.

Apabila prosedur diabaikan, kemungkinan terhadap terjadinya gangguan bisa terjadi di mobil Anda. Dari yang paling ringan adalah jam digital, fitur auto pada power window dan memori radio berikut equalizer di head unit, perlu disetel ulang. Sedangkan paling parah, tentu hilangnya program pada ECU sehingga mesin tidak bisa bekerja - meski mayoritas ECU di mobil modern pun tetap memiliki batterai cadangan untuk menjaga agar program tetap tersimpan dalam kurun waktu tertentu.
Untuk menghindari kondisi tersebut. tidak ada salahnya untuk menyambangi bengkel resmi atau spesialis aki terpercaya. Hal ini penting, lantaran mereka memiliki cara dan alat agar gangguan tersebut tidak terjadi.


Proses Pergantian Aki
Beberapa prosedur perlu dilakukan untuk mengganti aki mobil modern. Sebelumnya, pastikan gejala aki kurang setrum atau soak sudah dideteksi sejak dini. Langkah ini untuk meminimalkan gangguan komponen kelistrikan lain.

Proses pertama, stater mobil dan mesin kondisi ON. Lalu persiapkan battery charger untuk membantu proses penggantian dan aki baru sesuai spesifikasi yang dianjurkan. Battery charger berguna untuk menghindari gejala daya ke­listrikan menurun, yang dapat menggangu kinerja ECU.
Selanjutnya, kaitkan kabel battery charger pada ujung kabel kepala aki untuk memastikan daya listrik tetap terjaga. Lalu kendurkan baut pada kedua kepala aki(kutub) dan copot dari tempatnya.

 Kemudian, ganti dengan aki baru dengan spesifikasi mobil dan pastikan terpasang dengan benar. Langkah terakhir, lepaskan kabel battery charger setelah proses penggantian aki sudah selesai.

Setting ulang ECU
Penggantian aki sebisa mungkin dilakukan saat kondisi sudah tidak tertolong. Se­perti selnya sudah terbakar atau korslet. Bila arus listrik tekor saja, sebaiknya lakukan jumper untuk menghindari ECU hang. Namun ada beberapa mobil tertentu jika aki tekor tidak boleh di jumper.

Konsekuensi ganti aki tidak sesuai prosedur dapat berakibat terganggunya ber­bagai komponen seperti sistem audio, digital clock, atau ECU yang ditandai dengan tidak normalnya fungsi instrumen hingga power window. Bila sudah demikian, langkah mereset ulang perlu dilakukan. Dan bengkel resmilah menjadi sandaran utama.

Isuzu MU-7 dan Isuzu Panther

Kabar tentang kemungkinan hadirnya MU-7, mobil 7-seaters milik Isuzu sudah berhembus cukup lama. Sayangnya mobil yang sempat muncul di Indonesia International Motor Show (IIMS) masih menunggu kepastian regulasi Euro4.

Kita pernah minta prinsipal untuk menggunakan mesin Panther. Tapi dengan berbagai pertimbangan hal ini belum bisa terwujud Direktur Pemasaran Kendaraan Komersial Ringan PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI).

“Nanti kalau kita sudah menerapkan standar emisi Euro4, pasti MU-7 kami usahakan untuk dipasarkan disini. Sampai sekarang kami masih menunggu kabar kapan standar Euro4 akan diberlakukan pemerintah,”tuturnya lebih lanjut.

MU-7 sendiri merupakan kendaraan keluarga ideal dengan tampilan eksterior yang mewah dan sporti. Selain itu, mobil buatan Thailand ini pun dibekali kabin lapang, serta tingkat kenyamanan yang lebih baik dibanding Panther. 


PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) selain menampilkan deretan mobil komersiil, tidak alpa menghadirkan legenda mobil keluarga bermesin diesel yaitu Panther pada perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011. Bukan sekadar hadir, Panther pun ternyata memiliki beberapa peremajaan.

Peremajaan dilakukan pada varian Grand Touring (GTR) dan Touring (TR) dengan memberikan satu warna baru yaitu Bright White.

Selain itu, khusus untuk GTR, PT IAMI pun memberikan tambahan sentuhan anyar berupa garnish foglamp, side step, desain pelek baru, rear combination lamp, rear wiper dan rear view camera yang terkoneksi dengan head unit bermonitor.

Untuk kabin, peremajaan yang dilakukan berupa penggantian ornamen panel pintu menggunakan bahan kulit serta penambahan row seat locking untuk jok di baris ketiga.

Sedangkan pada varian Touring, selain warna bright white, varian ini pun berhak mendapat sentuhan pada sisi rear combination lamp serta 3rd row seat locking.

Bagaimana dengan mesin? Panther masih mempercayakannya kepada mesin 4JA1-L Direct Injection with Turbocharger berkapasitas 2.499 cc yang mampu mengeluarkan tenaga 80 dk dan torsi 191 Nm.

Panther Touring ini dilepas dengan harga Rp 246,5 juta. Sementara Rp 261,2 juta adalah harga yang ditetapkan untuk Grand Touring.

Dealer Isuzu dengan Kredit Termurah

TDP =  termasuk DP awal + Angsuran Pertama + Administrasi + Asuransi TLO

Data Dibantu sampai ACC/disetujui untuk Usaha dan Rumah yang ngontrak dan kesulitan data lainnya.

–  Bunga 0 %  Panther Touring, Grand Touring , LS,  LV , Smart FF/FTF

TDP 30 jutaan = ISUZU ELF Dump Truck 6 ban

TDP 10 Jutaan  =  ISUZU ELF Truk 4 ban  (Gratis BAK BESI / ( BOX = ( BESI/ALMUNIUM) )

TDP 15 Jutaan =  ISUZU ELF Truk 6 ban  (Gratis BAK KAYU/BESI / ( BOX = ( BESI/ALMUNIUM) )

– ISUZU ELF MIKROBUS LWB DELUXE  12/16/20 Seats – READY STOK

– ISUZU ELF MEDIUM BUS 35 seats DP 30 Jt’an

Prima Isuzu Cikarang - Dealer Resmi Isuzu