Setelah Perkuat Jaringan, Isuzu Siapkan 9 Model Baru 2016

Di sela-sela acara pengumuman pencapaian kinerja Isuzu Indonesia tahun 2013, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) juga menyampaikan penambahan jaringan serta sekilas rencana peluncuran kendaraan yang akan dilaksanakan tahun ini.

Tahun 2013 lalu, IAMI terus memperluas dan menyempurnakan jaringannya di Indonesia dengan menambah diler baru dan merelokasi serta menyempurnakan diler yang sudah ada. Sepanjang tahu lalu Isuzu meresmikan 103 outlet yang terdiri dari 14 outlet baru dan 7 outlet relokasi.

Isuzu juga melakukan penambahan jumlah parts depo di Semarang, sehingga saat ini terdapat total 7 parts depo yang berlokasi di dekat wilayah bisnis konsumennya yaitu: Medan, Pekanbaru, Samarinda, Banjarmasin, Surabaya, Makasar dan Semarang.  

Sedangkan jumlah Part Shop Isuzu kini telah mencapai 2.057 titik yang tersebar di 326 kota di seluruh Indonesia.
isuzu elf nkr nhr

Sementara untuk mendukung kelancaran bisnis para pelanggannya yang membutuhkan layanan di tempat, IAMI tahun lalu menambah armada Bengkel Isuzu Berjalan (BIB) sebanyak 20 buah, sehingga di akhir tahun 2013 sudah ada 120 armada BIB.

Isuzu juga telah menambah pasukan mekaniknya melalui Isuzu Technician School. Pada 2013 sebanyak 32 mekanik baru telah diwisuda dan siap melayani kebutuhan konsumen mereka. Sedangkan untuk meningkatkan kualitas para mekanik, Isuzu kerap menggelar kontes bagi mekanik termasuk bagi frontliner yang menangani layanan purna jual.

Kendaraan Isuzu juga didukung oleh ketersediaan bengkel yang berjumlah 137 plus 93 bengkel Mitra Isuzu.

Menurut Direktur Marketing Light Commercial Vehicle IAMI, Supranoto, truk bagi konsumen adalah alat untuk menghasilkan uang. Jika truk tidak jalan maka konsumen akan banyak merugi.

Penggantian komponen yang rusak merupakan hal yang wajar, namun bagi konsumen yang penting adalah seberapa cepat para mekanik truk bisa memperbaiki dan bagaimana ketersediaan suku cadangnya. Pasalnya, makin lama kendaraan tidak berjalan berarti berkurang pula pemasukan bagi pemiliknya.

Oleh karena itu untuk ketersediaan suku cadang, Isuzu berani menjamin paling lama 24 jam atau gratis jika lebih dari itu. "Sebenarnya konsumen tidak mencari 'free'-nya tapi konsumen lebih merasa ada kepastian dan jaminan kalau barang sampai dengan waktu yang sesingkat-singkatnya," beber Supranoto.

Ia juga memaparkan bahwa konsumen membeli truk berdasarkan kepercayaan. "Sekali istilahnya kita nikah sama customer, mereka percaya, maka ia akan jadi customer kami selamanya dan tidak akan berpaling dari Isuzu."

Soal rencana peluncuran produk baru di tahun 2014 ini, Edy J Oekasah selaku GM Marketing IAMI mengungkapkan bahwa pihaknya akan meluncurkan 9 kendaraan baru tahun ini, masing-masing empat produk pada semester pertama, dan lima lagi di semester kedua.

Ia juga mengatakan bahwa di antara produk baru yang diluncurkan nanti, terdapat satu produk yang tidak dimiliki kompetitor sama sekali. "Kendaraan tersebut dirancang untuk mendukung industri logistik dan distribusi.

"Kendaraan itu memiliki kapasitas yang terbesar di kelasnya dengan efisiensi mesin yang sangat tinggi," ujar Edy memancing penasaran. "Yang pasti cuma Isuzu yang akan menawarkan (kendaraan jenis itu),

Selain itu Edy juga mengisyaratkan adanya rencana IAMI meluncurkan SUV tujuh tempat duduk yang diberi nama MU-X. Namun saat didesak, ia enggan merinci lebih lanjut. Namun yang pasti Isuzu akan fokus pada kendaraan komersial di semester pertama.

Itu artinya 'ladang' yang sudah terisi oleh Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero, dan Ford Everest, bakal lebih meriah lagi dengan kehadiran Isuzu MU-X yang diperkirakan bakal hadir di paruh kedua tahun 2014 ini. Kami menduga kendaraan itu akan diperkenalkan di IIMS 2014 nanti.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Prima Isuzu Cikarang - Dealer Resmi Isuzu